Jenis-Jenis Baja Ringan di Bogor

Baja ringan merupakan salah satu produk yang digunakan pada konstruksi sebagai atap. Atap baja ringan minimalis terbuat dari bahan dasar baja dan memiliki sifat dasar yang sangat kaku.

Oleh karena itulah baja ini sangat kuat untuk menopang beban yang berat. Selain penggunaannya lebih menguntungkan karena memiliki magnet, peran baja ringan ini efektif untuk menggantikan kayu.

Dengan hadirnya atap baja ringan Bogor minimalis ini tentu bisa mengurangi penggunaan kayu dan menekan jumlah penebangan hutan.

Kerangka atap bangunan yang menggunakan baja ringan akan memiliki massa yang tipis dan ringan namun sangat kuat dalam menopang beban. Beberapa jenis-jenis baja ringan diantaranya sebagai berikut:

  1. Baja ringan truss atau kaso

Truss atau kaso merupakan jenis baja ringan yang sangat cocok digunakan untuk kaki utama suatu bangunan sebagai tiang utama. Kaso sendiri memiliki dua profil, yakni W dan C yang pembedanya hanya pada ukuran.

Profil kaso C lebih kecil dibandingkan W. Selain pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kaso juga lebih awet karena daya tahannya mencapai puluhan tahun. Proses pengerjaannya lebih simpel karena untuk memasangnya tidak membutuhkan waktu yang lama.

  1. Baja ringan reng

Baja ringan reng disebut juga dengan profil B. Pada umumnya reng digunakan sebagai penahan genteng. Penggunaan reng sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama karena perlu direndam dalam air terlebih dahulu agar tahan lama.

Namun dengan kehadiran profil B atau reng baja ringan akan membuat proses pembangunan menjadi lebih singkat. Profil B memiliki bentuk menyerupai trapezium dan sangat tipis tetapi daya tahannya sangatlah kuat.

  1. Baja ringan taso

Taso merupakan jenis baja ringan yang memiliki bentuk bidang menyerupai huruf A. Pada bagian luarnya nampak menyerupai balok berukuran kecil yang gunanya untuk mengikat profil B. Untuk mendapatkan rangkaian atap yang kokoh tentu Anda membutuhkan taso.

Dan ukuran taso yang tipis dapat menghasilkan desain konstruksi yang modern. Biasanya taso juga digunakan untuk mengikat kuda-kuda dan memperkuat kondisi gording agar permukaan atap dapat diletakkan dengan baik.

Selain membuat proses pengerjaan konstruksi bangunan menjadi lebih cepat dan singkat. Penggunaan atap baja ringan minimalis ini juga sangatlah terjangkau harganya. Berbeda halnya jika Anda memilih menggunakan kayu yang harganya mahal, tentu biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak.…