5 Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

kursus-membuat-website-di-bogorMembuka usaha rumahan merupakan salah satu solusi untuk berbisnis dengan modal terbatas. Namun agar modal yang anda alirkan tidak sia-sia, memilih usaha yang tidak ada matinya sangat penting untuk dicoba.

Jenis usaha rumahan ini memiliki prospek bagus dan bisa bertahan untuk jangka panjang. Biasanya bisnis yang berkutat pada kebutuhan pokok adalah jenis bisnis yang mampu bertahan lama. Meskipun bisnis tersebut marak pesaing, namun prospeknya terbilang besar untuk jangka panjang jika serius anda kembangkan.

Usaha rumahan ini bisa dilakukan sebagai bisnis sampingan atau menjadi bisnis keluarga yang bisa anda jalankan selepas resign. Bagi ibu rumah tangga pun sangat cocok untuk menjalankan usaha rumahan ini.

Modal awal yang diperlukan tidak terlalu besar. Terutama jika bisnis tersebut tidak memerlukan biaya untuk sewa lahan. Misalnya bisnis katering, online shop, hingga membuka jasa di bidang kreatif. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk contoh usaha rumahan yang memiliki prospek menarik.

Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

  1. Warung makan

Usaha warung makan bisa menjadi solusi ide bisnis menjanjikan yang tentu tidak ada matinya. Pasalnya makanan merupakan kebutuhan sehari-hari banyak orang.

Dan banyak orang yang saat ini tidak sempat memasak sehingga lebih memilih memasak makanan jadi, anda bisa memulai bisnis warung makan jika memiliki lahan strategis untuk membuka warung.

  1. Katering

Bisnis katering bisa anda buka jika anda ingin terjun ke bisnis kuliner namun tidak memiliki lapak memadai. Anda bisa memulai bisnis katering rumahan dengan menyasar konsumen dari lingkungan sekitar.

Misalnya dengan memulai sebagai penyedia makanan atau kue untuk hajatan tetangga. Layanan yang optimal dan cita rasa lezat menjadi poin penting dalam kemajuan bisnis anda sehingga usaha katering anda akan terkenal melalui mulut ke mulut.

  1. Laundry

Bisnis laundry juga tidak ada matinya. Terlebih jika anda membukanya di area padat penduduk atau area bisnis. Penawaran mendapatkan pakaian bersih secara praktislah yang membuat banyak konsumen lebih suka menggunakan laundry.

Modal awalnya pun tidak terlalu besar. yakni mesin cuci tabung satu, setrika uap, timbangan, dan perlengkapan cuci lainnya.

  1. Reseller online

Dengan modal internet, anda bisa berjualan tanpa modal. Yakni dengan menjadi reseller atau dropshipper. Jenis pekerjaan sampingan ini memang tidak ada matinya, terutama jika anda jeli memilih produk yang selalu disukai konsumen.

Anda bisa menjual berbagai macam barang di marketplace online. Misalnya Lazada, Tokopedia atau Shoppee. Jenis usaha satu ini seringkali dijalankan oleh para ibu rumah tangga atau sebagai usaha sampingan para karyawan.

  1. Freelancer

Banyak perusahaan yang memerlukan tenaga outsource untuk mencapai target mereka. Menjawab kebutuhan tersebut, anda bisa memulai usaha sebagai freelancer. Jual keahlian anda dalam bidang menulis, program, desain, hingga fotografi ke berbagai website.

Anda bisa memulai secara individual kemudian kembangkan menjadi sebuah agensi tersendiri sehingga anda bisa merangkul banyak mitra untuk melayani kebutuhan para klien yang lebih besar.

Demikian beberapa contoh usaha rumahan yang tidak ada matinya untuk anda coba. Semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.